Menhub: Pelabuhan Sibolga Adalah yang Terbaik di Bagian Barat Sumatera

Menhub: Pelabuhan Sibolga Adalah yang Terbaik di Bagian Barat Sumatera

Menhub: Pelabuhan Sibolga Adalah yang Terbaik di Bagian Barat Sumatera

Jakarta – Terminal penumpang dan dermaga Pelabuhan Sibolga telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Sementara itu Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan pelabuhan ini merupakan pelabuhan yang terbaik dan terbesar di bagian barat Pulau Sumatera.

“Alhamdulillah Pelabuhan Sibolga bisa kita selesaikan. Menurut pengalaman saya, pelabuhan ini yang paling baik di bagian barat Sumatera. Paling besar dan secara teknis juga memungkinkan kapal-kapal yang besar itu bisa mengangkut barang karena memiliki draft yang dalam yaitu 9 meter,” ujar Budi dalam keterangan tertulis, Minggu (17/3/2019).

Selain itu, Budi juga mengapresiasi desain Pelabuhan Sibolga yang unik karena dapat mengakomodir kegiatan bongkar muat dan pelayanan penumpang secara berdekatan.

“Pelabuhan ini memang unik karena kegiatan bongkar muat dan penumpang itu sangat berdekatan. Saya pikir ini suatu desain yang baik. Menyelesaikan masalah penumpang, menghindari crossing, tapi tetap bisa mengakomodasi kegiatan bongkar muat,” jelas Budi.

Ke depannya, Pelabuhan Sibolga tidak hanya akan melayani penumpang serta distribusi logistik saja. Namun juga akan dibangun pelabuhan curah cair guna memudahkan distribusi komoditas yang ada di Sibolga, salah satunya Crude Palm Oil (CPO) atau minyak sawit.

“Pelabuhan ini bisa untuk penumpang, bisa untuk container, dan yang akan datang akan dibangun juga pelabuhan curah cair. Karena dari Sibolga ini ada potensi untuk ekspor beberapa komoditas,” terangnya

Sumber : https://news.detik.com/berita/d-4471100/menhub-pelabuhan-sibolga-adalah-yang-terbaik-di-bagian-barat-sumatera

Leave a Reply

Your email address will not be published.