Pengembangan Pelabuhan Bitung Dimulai Oktober 2019

Pengembangan Pelabuhan Bitung Dimulai Oktober 2019

Bitung – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan pengembangan Pelabuhan Bitung akan dimulai pada Oktober tahun ini. Pelabuhan tersebut untuk mendukung akses Bitung sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

“Pelabuhan ini akan dimulai nanti perbaikan pembangunan bulan Oktober sehingga bisa untuk pelabuhan rakyat dan pelabuhan yang ada sekarang dan sudah tadi saya sampaikan, Pak walikota, Pak gubernur juga, lahan disiapkan dari Pemda kemudian ada yang bangun dari Kementerian Perhubungan, setahun lah rampung,”kataJokowi di PelabuhanBitung, Sulawesi Utara, Jumat (5/7/2019).

Jokowi mengatakan saat ini pemerintah masih terus menyiapkan infrastruktur untuk mendukung KEK. Adapun fasilitas-fasilitas yang dimaksud Jokowi seperti jalan tol, dermaga, hingga jembatan.

“Begitu fasilitas-fasilitas pendukungnya siap maka KEK-nya kerja, banyak yang ingin masuk ke sini, ini ujung yang dekat dengan Filipina, dekat dengan Asia bagian timur, ini ada kekuatan yang bisa dipakai di sini baik untuk mengekspor maupun mengimpor barang-barang tertentu,” katanya.

Lebih lanjut Jokowi mengatakan bila seluruh fasilitas penunjang KEK sudah lengkap, maka Bitung akan menjadi pusat bisnis. Para pengusaha bakal datang dan berinvestasi.

“Nanti otomatis (pengusaha) datang kalau turisnya banyak, tidak hanya di sekitar Manado ataupun di Bunaken tapi ini juga salah satu alternatif yang bisa dilihat bagus loh, bawah airnya juga cantik juga nggak percaya? turun,” katanya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.