Operasional Pelabuhan Tanjung Ular Tunggu SK Menteri Perhubungan

Operasional Pelabuhan Tanjung Ular Tunggu SK Menteri Perhubungan

Pelabuhan Tanjung Ular di Kecamatan Muntok, Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung dinilai berhasil dalam uji coba sandar kapal. Pengoperasian pelabuhan kini memasuki tahap akhir, yakni menunggu persetujuan dari Kementerian Perhubungan. Penjabat (Pj) Gubernur Bangka Belitung Ridwan Djamaludin mengatakan, uji coba sandar telah dilakukan dua pekan lalu dan kini menunggu surat keputusan (SK) dari Kementerian Perhubungan. “Kami juga mempelajari peluang untuk pelayanan apa saja yang bisa diberikan. Pulau Bangka ini urat nadi konektivitasnya pelabuhan, dan wilayah Bangka Barat paling dekat dengan Sumatera,” kata Ridwan saat peninjauan lokasi, Selasa (22/11/2022).

Beberapa waktu sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi hadir langsung melihat kondisi Pelabuhan Tanjung Ular.

Ketika itu realisasi pembangunan dilaporkan sudah mencapai 99 persen. Tender pembangunan Pelabuhan Tanjung Ular dilakukan Kementerian Perhubungan pada 2020 dengan pagu anggaran Rp 105,3 miliar. Sebagai pelabuhan komoditas, Pelabuhan Tanjung Ular akan melengkapi keberadaan Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok yang selama ini melayani kendaraan penyeberangan dari Bangka ke Sumatera. Ridwan menuturkan, wilayah Muntok banyak dilalui kapal yang melakukan kegiatan industri, juga kapal-kapal yang melakukan ship to ship atau transfer pengalihan muatan kapal. “Itu semua adalah peluang usaha yang bisa mendatangkan pemasukan bagi negara,” ungkap dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.