Pelindo Regional 4 Kembangkan Kendari New Port Jadi Pelabuhan Berstandar Internasional

Pelindo Regional 4 Kembangkan Kendari New Port Jadi Pelabuhan Berstandar Internasional

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR – PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo Regional 4 terus melanjutkan pembangunan Kendari New Port (KNP).Pelabuhan ini berlokasi di Jl Pelabuhan Container, Kelurahan Bungkutoko, Kecamatan Nambo, Kota Kendari. Terminal petikemas KNP dibangun dalam jangka waktu dua tahun.

Mulai 2017 sampai dengan tahun 2019. “Tahun 2019 petikemas ini beroperasi perdana,” kata GM Pelindo Regional 4 Kendari New Port, Suparman, Kamis (9/6/2022). Pelindo Regional 4 Kendari juga melakukan perluasan lapangan penumpukan dengan reklamasi seluas 25 ha. Selain itu juga akan dilakukan perpanjangan dermaga sepanjang 300 m persegi dengan lebar 35 meter persegi. Serta pengadaan 2 unit CC, 6 unit RTG serta kapasitas terminal 1,5 juta teus per tahun. “Pengembangan ini akan kita lakukan mulai tahun 2020 hingga 2024,” kata Suparman.

Setelah pengembangan ini, Suparman berharap investor bisa berdatangan ke KNP. Sebab, kata dia, KNP telah memiliki fasilitas pelabuhan yang cukup memadai untuk mendukung kegiatan perekonomian. Setelah peresmian pada 2019 lalu, KNP akan menjadi pelabuhan berstandar internasional seperti di Makassar dan Surabaya. “Makanya ini dibilang Kendari New Port karena kita juga akan berstandar internasional juga,” katanya. (*)

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.